Loading...

Wednesday, August 14, 2013

TAHUKAH KAMU ARTI HARI RAYA KETUPAT YANG SEBENARNYA???

Lebaran atau hari raya ketupat sebenarnya adalah perayaan selesainya puasa sunnah syawal selama 6 hari (kalau dilaksanakan langsung setelah hari raya idul fitri / tanggal 2 syawal secara berturut urut).

Jadi, para sesepuh kita dulu, karena kuatnya keimanan mereka, setelah idul fitri, mereka langsung berpuasa sunnah syawal selama 6 hari berturut urut. Sebagaimana sabda Nabi yang mengatakah bahwa orang yang berpuasa Ramadlan lalu dilanjutkan dengan puasa selama 6 hari di bulan syawal, maka dia seperti berpuasa selama satu tahun penuh. Nah, setelah mereka menyelesaikan puasa syawal itulah, mereka melaksanakan lebaran ketupat. Dan
perayaannya hanya dengan membuat ketupat yang kemudian dibagikan kepada para tetuah dan keluarganya sendiri.

Tapi sepertinya tradisi luhur sesepuh kita itu sudah mulai digeser zaman. Yah, walaupun saat ini hari Raya Ketupat masih ada bahkan seakan akan menjadi wajib keberadaannya. Sayangnya, hanya sebatas lebaran ketupat saja yang diabadikan, mereka membuat ketupat dan merayakannya dengan meriah, tanpa dibarengi dengan puasa syawal sebelumnya. Padahal, inti lebaran ketupat adalah puasa syawal itu sendiri.

Dan yang lebih ironis lagi, lebaran ketupat di daerah tertentu dirayakan dengan mendatangi tempat tempat rekreasi, dan bahkan dirayakan dengan pesta pora yang tidak memiliki nilai religiusitas sama sekali bahkan bertentangan dengan syari'at Islam.

Na'udzubillah tsumma na'udzubillah.

Semoga kita termasuk orang orang yang selalu berada di jalannya.

No comments:

Post a Comment