Loading...

Friday, December 16, 2011

Membentengi Flashdisk dari Virus

Flashdisk sebagai salah satu tempat penyimpanan file, saat ini sangat digemari oleh bangak kalangan, termasuk mahasiswa. Selain karena bentuknya yang kecil sehingga bisa dibawa ke mana mana, harganya yang tergolong murah juga menjadi salah satu alasannya.
Namun, karena flashdisk
sering digunakan di erbagai computer yang berbeda, maka sangat besar kemungkinan virus-virus dengan mudah bersemayam di dalamnya. Dan virus yang saat ini paling gemar numpang tempat di flashdisk adalah virus jenis shortcut. Virus ini sangat mengganggu, karena selain terkadang menginfeksi program program yang disimpan di flashdisk, virus-virus ini juga menjadikan folder-folder ter sembunyi dan berubah menjadi shortcut, sehingga kita tidak bisa mengakses file-file yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana mengatasinya?
Mau tahu?
Caranya sangat gampang. Buang flashdisknya dan beli yang baru!!! Hehe…  tidak tidak… tapi, caranya memang sangat gampang, yaitu hanyak dengan menambah nama foldernya dengan symbol. Ya! Hanya merename foldermu di flashdisk dan menambahkan symbol dalam namanya.
Misalnya :
Awalnya nama foldermu : DATA
lalu kamu rename dan masukkan symbol sehingga namanya berubah menjadi : DATA¥ atau DαTAΩ  atau yang lainnya, yang penting dalam nama foldermu ada symbol, boleh satu, dua atau tiga simbol.
Kalau sudah, percaya atau tidak, kemana dan dimanapun kamu colokin flashiskmu, tidak aka nada folder yang tersembunyi dan berubah menjadi shortcut!

Dari mana bisa dapetin simbol ini?
Simbol ini bisa kamu copy dari MS Word lalu paste di nama foldermu. Dan langkah ini harus kamu lakukan terhadap tiap folder utama yang ada di flasdiskmu, tapi tidak usah kamu lakukan untuk subfoldermu.

Apa itu folder utama dan sub folder?
Kamu punya flashdisk, di dalam flashdisk ada folder DATA dan folder MUSIK, di dalam folder musik, ada folder lagi namanya INDO dan BARAT. Nah, folder DATA dan MUSIK adalah folder utamamu yang harus kamu kasi symbol, sedangkan folder INDO dan BARAT adalah subfolder dari foldermusikmu dan tidak perlu diberi symbol.

Catatan:
Fungsi symbol disini bukan untuk membasmi virus, tapi hanya mencegah virus menyembuyikan folder kita dan atau masuk ke dalam folder kita. Jadi, sangat mungkin virus masih bisa masuk ke dalam flashdiskmu, tapi hanya sampai di luar foldermu saja. Trik ini jga bisa kamu terapkan di HardDisk kamu.

Selamat mencoba dan salam techno!!!
Sahabat Kesunyian, dari berbagai sumber dan experiment.

No comments:

Post a Comment