Loading...

Monday, May 28, 2012

MENGATASI TANDA SILANG MERAH DI BATERAI LAPTOP


Di ikon batrei laptop teman saya, muncul tanda silang merah disertai pesan "consider replacing your battery". Kaget dia, biasanya kalau tanda silang merah akan berarti ada yang gak normal. Tapi, untuk kasus ini, ada dua kemungkinan.

Pertama, kalau memakai OS Windows 7, ini sering terjadi. Sebenarnya baterainya masih bagus, hanya saja Windows 7 ngedeteknya tidak bagus, akhirnya muncul pesan itu. Ini adalah salah satu kesalahan pesan yang dimiliki windows 7.
Kedua, ya karena baterainya memang sudah berumur dan sudah saatnya diganti.

Untuk kemungkinan pertama, kamu tidak perlu khawatir, karena icon dan notifikasi ini bisa kamu abaikan atau kamu hilangkan. Mau tahu caranya? Check it out!!



  • Pertama Charge baterai sampai penuh 100% setelah itu matikan laptop kamu.
  • Hidupkan laptopmu, jangan lupa tekan F8 sampai muncul menu Advanced Boot Options. Kemudian Pilih Safe Mode

  • Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, cabut charger baterai laptop.
  • Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Akang sangat lebih bagus jika tidak mengutak atik laptopmu selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Setelah mati, pasang kembali charger laptopmu, dan nyalakan lagi dengan normal.
  • Perhatikan Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai mudah-mudahn tidak muncul lagi. Hehehe.. Open-mouthed smile

Catatan :
Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 mengetahui kapasitas sebenarnya dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Selamat mencoba, dan Semoga bermanfaat.


 Source: dari banyak sumber

4 comments:

  1. kalo batery nya slalu 100% kenapa itu gan ?

    ReplyDelete
  2. udah berkali-kali lakukan langkah di atas v tetep aja tanda silang gimana dunk gan

    ReplyDelete
  3. good
    sedikit menambahkan mengatasi tanda silang ini karena ane juga pernah ngalamin kaya gini nih. selengkapnya di http://satu1komputer.blogspot.com/2015/08/memperbaiki-battrey-laptop-tanda-silang.html

    ReplyDelete