Loading...

Sunday, January 15, 2012

Mengatasi Program Yang Berubah Menjadi Program Lain

Beberapa hari yang lalu, ketika baru datang dari kampus, saya dicegat teman di depan pintu kamar. Bukan apa apa, tapi dia ada masalah dengan laptopnya yang baru beli. Masalahnya adalah "semua program (antivirus, winamp, ms office, dll) kalau dibuka, yang muncul bukan program yang diinginkan,tapi Windows Media Center" Ketika mau buka MS Office yang muncul Windows Media Center, mau buka winamp, yang muncul Windows Media Center, pokoknya buka
program apapun yang muncul Windows Media Center.

Kalau dilihat, ternyata ada yang merubah registry windowsnya. Gampangnya begini, jika ada file MS Word (yang extensinya adalah .doc atau .docx) biasanya program defaultnya adalah MS Word, jadi kalau buka file dengan extensi .doc atau .docx maka otomatis akan dibuka dengan mengunakan MS. Word. Kita bisa merubanya dengan klik kanan lalu open with dan pilih program yang di inginkan, misalnya Winamp. Maka, jika kamu buka file dengan extensi .doc atau .docx, yang akan muncul bukan MS Word, tapi winamp.
Nah begitupun dengan sebuah program. Extensi file program adalah .exe. kalau program winamp, maka nama programnya adalah winamp.exe. File dengan extensi .exe ini ada pembuka khusunya di windows (tapi saya tidak tahu apa :-D ), dan di komputer teman saya ini pengaturannya dirubah menjadi Windows Media Center, biasanya Virus yang melakukan ini (kalau tidak dikerjain teman sendiri :-D ). Jadi, tiap teman saya buka program apapun atau file apapun yang berextensi .exe maka yang muncul ya Windows Media Center.

Bagaimana Mengatasinya?

Caranya sangat gampang, download file Default_EXE disini lalu buka di komputer yang bermasalah. File Default_EXE ini berfungsi mengembalikan pengaturan registry windows, agar file .exe / program bisa dibuka dengan pembuka yang seharusnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. nice infox mas bro.. office q dah sembuh skarang.

    makasihhh brooo

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan,,,
    Berhasil,,

    cuma icon nya masih berbentuk Word,,

    terimakasih banyak gan

    ReplyDelete