Loading...

Thursday, June 16, 2011

Kenapa harus di update?

Kenapa harus di update? 
kenapa antivirus harus di update?

Pertanyaan itu yang sering muncul dalam benak saya. Setelah browsing sana-sini, akhirnya dapat kesimpulan bahwa:

Update adalah pembaharuaan database komputer kita. Seperti hal lain, database komputer tidak sempurna, ada kekurangan dan kelemahan yang harus dibenahi, apa lagi mengingat waktu yang terus berjalan dan berkembang. Maka perlu ada update untuk memperbaiki kekurangan dan
kelemahan tadi.

Untuk antivirus, update pada dasarnya adalah penambahan database virus baru yang belum ada saat antivirusnya diinstal di komputer. Maka, kalau ada antivirus yang out of date alias basi karena tidak di update, bukan berarti antivirus itu tidak bisa dipakai, hanya saja, ia tidak akan bisa mendeteksi virus baru yang keluar setelah antivirus itu diinstal di komputer. Karena antivirus bisa mendeteksi suatu program dikategorikan sebagai sebuah virus atau terinfeksi virus, dan atau bukan, karena di dalam antivirus itu ada data data / kode-kode khusus yang biasa dipakai sang virus. Jadi, jika ada program apapun yang di dalamnya terdapat kode-kode itu, maka antivirus akan menganggapnya sebagai sebuah virus. Nah, jika ada virus baru yang muncul dan berbeda dengan virus-virus sebelumnya, maka otomatis belum ada kode-kode khusus yang digunakan virus itu di dalam antivirus, sehingga antivirus tidak akan bisa melacaknya. Akibatnya, komputer kita akan mudah terinfeksi virus itu. Sehingga komputer yang awalnya cepat, berubah menjadi lebih lambat, banyak file yang rusak, program yang tidak bisa dijalankan dan hal hal lain yang tidak kita harapkan, meskipun antivirus yang kita pakai menklaim komputer kita aman.

Maka dari itu, sebisa mungkin, updatelah antivirus kamu biar bisa mendetek virus-virus baru yang pasti terus muncul.

NB:
Update antivirus tidak mesti setiap hari, mungkin seminggu sekali sudah cukup. Akan tetapi, yang pasti, semakin cepat antivirus diupdate, semakin besar pula perlindungan yang ia berikan kepada komputer kita. Karena para pengembang virus, akan terus mengembangkan virus-virus baru yang akan mengganggu komputer kita.

No comments:

Post a Comment