Loading...

Sunday, May 30, 2010

TIPS MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET


Ketika kita "ngedate" dengan internet, baik di warnet atopun komputer ato laptop sendiri, kadang kita mangkel karena koneksi internetnya lemot bin lambat.
Padahal kita lagi terburu-buru menyelaisakan tugas misalnya. Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membantu mempercepat koneksi internet kita.

1. Menggunakan Google Web Accelerator

Google Web Accelerator merupakan salah satu sofware yang di desain khusus untuk mempercepat akses internet, khususnya jika kamumenggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Tapi, itu juga bisa digunakan untuk koneksi lain, seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy, SMART, dll) ato satelit atau wave.
Untuk memakai Google Web Accelerator kamu harus memenuhi kriteria antara lain Operating System (OS) komputer kamu minimal Windows XP atau Windows 2000 dan browsernya Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+.
Then, download Google Web Accelerator disini lalu instal. Setelah melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser kamu dan icon tray di pojok bawah layar komputer seperti gambar dibawah ini.


2. Setting Browser
Menyetting browser dapat dilakukan jika kamu menggunakan Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Kalo kamu menggunakan Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi "Temperory Internet files", klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang kamu buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.

Kalo kamu menggunakan Mozilla Firefox kamu dapat mengetikkan "about:config" pada address bar (tempat kita memasukkan alamat web kita itu loh), setelah itu cari dan ubah "network.http.pipelining" dan "network.http.proxy pipelining" menjadi "true" dengan mengkliknya sebanyak dua kali(kan aslinya false tuh), terus cari dan isi "network.http.pipelining.maxrequests" antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ), cara ngisinya, klik dua kali, tar keluar jendela lalu isi deh. Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan "nglayout.initialpaint.delay" lalu isi dengan 0 (nol).

3. Menggunakan Open DNS
Untuk trik ke tiga ini, pertama kamu harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi kamu dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol kamu bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.

4. Menggubah setting bandwith Pada windows
Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal,Jika kamu ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.
Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :
1. Klik Start
2. Klik Run
3. Ketik gpedit.msc
4. Kemudian klik Ok
5. Setelah masuk klik Administrative Templates
6.Kemudian Klik Network
7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
11. Klik Apply,ok
12. Kemudian keluar dan Restart komputer

Setelah melakukan 4 tips di atas sekarang kamu pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang.

No comments:

Post a Comment