Loading...

Saturday, April 10, 2010

KILAS SEJARAH TEKNOLOGI KOMUNIKASI MANUSIA

Kalau kita berbicara tentang sejarah teknologi komunikasi manusia, sebenarnya tak bias lepas dari sejarah kehidupan manusia itu sendiri. Karena, perkembangan teknologi komunikasi manusia berkembang bersamaan dengan perkembangan kehidupan manusia.Ada empat unsur pokok perkembangan teknologimanusia (Varis, 1973), yaitu
a. perolehan bahasa
b. pengembangan seni tulisan
c. reproduksi kata-kata tertulis dengan menggunakan alat-alat cetak, yang memungkinkan mewujudkan komunikasi massa yang sebenarnya.
d. Munculnya komunikasi elektronik, mulai telegraf hingga satelit.
Dengan demikian, sejarah kehidupan manusia pada saat yang sama adalah sejarah komuikasi.
Manusia membutuhkan komunikasi yang bisa dilakukan dari jarak yang jauh atau bahkan sangat jauh. Dan hal ini telah muncul sejak zaman pra sejarah, untuk memberikan peringatan ketika ada peristiwa tertentu, yang biasanya dilakukan dengan berteriak sekuat-kuatnya.
Atau pada masa sejarah islam di makkah, dimana ummat islam menggunakan bukit yang sangat tinggi untuk dijadikan tempat mengumandangkan adzan sebagai tanda masuknya waktu shalat, agar semua ummat muslim mendengarnya. Dan ini merupakan langkah awal mekanisasi komunikasi manusia.
Seiring berjalannya waktu, kebudayaan manusia mulai berkembang dengan ditemukannya tulisan sebagai salah satu media komunikasi. Selain itu, tulisan juga membantu sen-save kejadian-kejadian penting ataupun ide-ide yang ada dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dalam ruang, dengan rahasia, tanpa diketahui orang lain maksud dan tujuan kita.
Namun sayangnya, pada saat itu tidak semua kalangan yang mengerti tulisan dan bahkan hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya.
Pada abad pertengahan, terjadi ekspansi komunikasi yang menuntut teknik komunikasi yang sepenuhnya baru, karena jumlah pembaca mualai bertambah, sedangkan jika hanya menggunakan naskah surat saja tidak cukup. Sehingga, penemuan mesin cetak menjadi sarana utama teknologi komunikasi yang sangat mendukung saat itu dan juga menandai bermulanya riwayat komunikasi massa, karena sejak saat itulah ada kemungkinan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak ramai yang panjang dan kompleks.
Sejak penemuan mesin cetak, perkembangan teknologi komunikasi semakin maju dan berkembang, karena tuntutan kehidupan manusia yang semakin kompleks.Penemuan ini juga menjadikan iteraksi sesame manusia bertambah mudah dan efektif.
Ditemukannya alat komunikasi elektronik, dari telegraph hingga satelit saat ini, pada pertengahan abad XIX menjadikan proses komunikasi menjadi sangat mudah dan memungkinkan komunikasi jarak jauh.
Bahkan, saat ini orang-orang menyebutnya sebagai era kebanjiran informasi, karena saking mudahnya dilakukannya sebuah proses komunikasi.
Sekarang yang menjadi pertanyaan bukan lagi bagaimana kita harus berkomunikasi? Tapi, apa yang harus dikomunikasikan?

No comments:

Post a Comment